MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA POHON HITUNG FLANEL PADA KELOMPOK A TK ANUGERAH NYAWANGAN, KECAMATAN SENDANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

RINIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0137

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis, bahwa pembelajaran kognitif dalam berhitung masih kurang berkembang karena media kurang bervariasi dan guru kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Akibatnya anak menganggap berhitung itu terlalu sulit. Hal tersebut tampak dari anak-anak yang terlihat kurang tertarik dalam belajar berhitung. Pada akhirnya  hasil pembelajaran berhitung anak menjadi rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan media pohon hitung flannel terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada kelompok A TK Anugerah Nyawangan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungangung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Anugerah Nyawangan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media pohon hitung flannel terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Anugerah Nyawangan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017-2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar sampai siklus III, yaitu siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 60% dan siklus III sebesar 100%


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian . Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Putra.

Sukiman. 2012. Pengembangan  Media Pembelajaran. Jogjakarta: Pedagogia, Hal.  107.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar dalam Bernagai Aspeknya.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI