Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Talang II, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung


Author (Penulis)

VITA NOVALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0136

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis, bahwa kemampuan kognitif terutama dalam hal kemampuan berhitung angka 1-10 pada kelompok A TK Dharma Wanita Talang II, tahun ajaran 2017/2018, masih belum berkembang secara maksimal. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga suasana belajar menjadi kurang berkonsentrasi dan membosankan. Permasalahan yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah  “Apakah pembelajaran melalui permainan congklak dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Talang II, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Talang II, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah tujuh anak, terdiri dari dua anak laki-laki dan lima anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Penilaian Anak, dan Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan tradisional congklak terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Talang II, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus I sampai dengan siklus III yaitu siklus I sebesar 57,2%, siklus II sebesar 71,4%, dan siklus III sebesar 85,7%


Keyword

a

Reference

Hariani, Yayuk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Bermain Melalui Media Ikan di Akuarium. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: UN PGRI Kediri.

Iryanti, Puji. 2004. Penilaian Unjuk Kerja. (Online), tersedia: https://mtksmancir.files.wordpress.com/2011/11/ppp04_unjukkerja.pdf, diunduh pada 15 Desember 2017.

Kurniati. 2006. Permainan Tradisional di Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwati, Endah. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan 1-20 Menggunakan Manik-manik Sedotan pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Punjul II Tulungagung Tahun ajaran 2014/2015. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: UN PGRI Kediri


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI