MENGEMBANGKAN KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA CUBLEK-CUBLEK SUWENG PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CREATIF KIPING, KECAMATAN GONDANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ENDANG PURWANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0135

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis bahwa terdapat permasalahan kurang berkembangnya kejujuran pada anak usia 3-4 tahun di KB Creative Kiping, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017 – 2018. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih terlalu didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, membosankan, dan tidak menarik. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui permainan tradisional Jawa cublek-cublek suweng dapat mengembangkan kejujuran anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 3-4 tahun di KB Creative Kiping yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), Lembar Penilaian Anak, Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran.Persentase ketuntasan belajar yang diperoleh masing-masing siklus antara lain: siklus I sebesar 53,3%, siklus II sebesar 60%, dan siklus III sebesar 86,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalalui permainan tradisional Jawa cublek-cublek suweng terbukti dapat mengembangkan kejujuran pada anak usia 3-4 tahun di KB Creative Kiping, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017 – 2018.


Keyword

a

Reference

Depdikbud (1997). “Cublak-cublak Suweng”, tersedia:  http://www.aktual.co/warisanbudaya/15846-cublak-suweng-permainan-tradisional-yang-penuh-makna,com, diunduh 16 April 2012.

Magnis, Franz, 2011. Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Arikunto, S, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara

PERMENDIKBUD No. 84 Tahun 2014 Tentang Pendidikan anak usia dini.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang tahapan-tahap perkembangan anak usia dini.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI