MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA TABLET MAINAN PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-KHODIJAH GEGER, KECAMATAN SENDANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ISTI NUR HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0134

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis di kelompok A TK Al-Khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung pada tahun pelajaran 2017/2018, bahwa kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 masih rendah. Penyebab rendahnya kemampuan mengenal angka 1-10 yaitu media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik, tidak inovatif, Guru sering kali menulis di papan tulis, sehingga anak merasa kurang tertarik dan malas mengikuti kegiatan belajar. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan media tablet mainan dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Al-Khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Al-Khodijah Geger yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus memiliki 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Program Pembelajaran  Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi kegiatan pembelajaran, dan lembar penilaian kemampuan mengenal angka. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran mengunakan media tablet mainan terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Al-Khodijah Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 30%, siklus I sebesar 40%, siklus II sebesar 60%, dan siklus III sebesar 90%.


Keyword

a

Reference

Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Coopley, J. 2000. The Young Child and Mathematic Washington D.C : NAEYC.

Depdiknas, 2007. Pedoman Pembelajaran bidang pengembangan kognitif taman kanak-kanak. Jakarta: Ditjen Penelitian (Suprijono) .

Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta : Tugu Publiser.

Karim, Muchtar A. 2007.  Pendidikan Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Depdikbud.

Pardjono. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Lembaga Penelitian UNY.

Sukayati, 2004. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta : Rajawali Press.

Undang-Undang No.20 tahun 2003, Sistem Pedidikan Nasional


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI