Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, menggunakan media stik angka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangakn oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 13 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi sedangakan instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian anak dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan teknik kuantitatif komparatif. Pada siklus I persentase ketuntasan sebanyak 30,8%, siklus II sebanyak 61,5%, dan siklus III sebanyak 92,3%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media stik angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok A TK PGRI 04 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018
Depdiknas, 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hujair, AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Efektif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Sujiono, Y.N. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Grup
Suyanto, Slamet. 2005. Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Depdiknas
Wantah, M.J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi