MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP INOVATIF PADA ANAK KELOMPOK B TK MARDI PUTRA DESA GEDANGSEWU, KECAMATAN BOYOLANGU, KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

CANDRA DWI NANDA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0131

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis, bahwa kemampuan membaca permulaan anak-anak di Kelompok B TK Mardi Putra Desa Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2107/2018 masih kurang berkembang. Ini disebabkan karena guru kurang kreatif dalam menciptakan media pembelajaran dan masih menggunakan metode konvensional yaitu mengerjakan latihan di buku tulis. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran menggunakan media komik strip dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Mardi Putra Desa Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung?”.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B TK Mardi Putra Desa Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten TulungagungTahun Ajaran 2107/2018 yang berumur 5-6 tahun dengan jumlah 18 anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja kemampuan membaca permulaan anak, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar kemampuan membaca permulaan menggunakan media komik strip inovatif selalu mengalami peningkatan dari pra tindakan sampai pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar anak pada pra tindakan adalah sebesar 16%, kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 72% pada siklus II, dan masih meningkat lagi menjadi 83% pada siklus III. Dengan demikian berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media komik strip inovatif terbukti dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak-anak Kelompok B TK Mardi Putra Desa Gedangsewu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten TulungagungTahun Ajaran 2107/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dhieni, Nurbiana. dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta:   Universitas Terbuka.

Laksana. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Ardi Mahasatya.

Purnomo, Agus. 2009. Lika-liku menjadi guru profesional. www. gurukreatif.com. diakses tanggal 22 Oktober 2017.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


PUBLISHED

2018-08-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI