Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis di Kelompok A KB Jauharul ‘Ulum, bahwa anak belum bisa memahami angka, sehingga kemampuan berhitung anak menjadi rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan kegiatan bermain tangkap ikan dengan media kartu angka pada anak kelompok A KB Jauharul ‘Ulum? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A yang berjumlah 27 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan datanya adalah unjuk kerja dan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui kegiatan bermain tangkap ikan dengan media kartu angka terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A KB Jauharul ‘Ulum. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 30%, siklus I sebesar 48%, siklus II sebesar 67%, dan siklus III sebesar 89%
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. 2009. Salinan: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. IKAPI Jakarta. (Online),(http://www. ikapidkijakarta.com), diakses tanggal 22 Nopember 2017.
Roopnaine & Johsson. 1993. Gulding Children’s Learning of Mathematics. America: Thomson Higher Education.
Sujiono, Y. N. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumantri, S. 2000. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.