Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung 1-10 masih rendah dan anak kurang berminat dan bosan terhadap pembelajaran berhitung. Akibatnya suasana kelas membosankan dan tidak aktif, yang menyebabkan hasil belajar anak rendah. Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah dengan permainan petualangan angka. Permasalahan penelitian ini adalah ”Apakah permainan petualangan angka dapat mengembangkan kemampuan anak dalam berhitung 1-10 di kelompok B TK PGRI 05 KALIBATUR Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?”. Jenis Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah 17 anak kelompok B TK PGRI 05 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus menggunakan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar unjuk kerja anak dan lembar obsevasi guru. Hasil analisis data yang diperoleh : (1) pada siklus I ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 41,2%; (2) pada siklus II ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 70,6%; dan (3) pada siklus III ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 94,1%. Dan telah mencapai ketuntasan 75%
Arikunto, dkk, 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD,SLB,dan TK. Bandung: PramaWidya.
Montolalu, B.E.F, dkk. 2011. Bermain Dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono,Yuliani Nurani, dkk, 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyadi. 2016. Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.