MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BATU WARNA PADA ANAK KELOMPOK B RA ASWAJA BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANITA PUJIASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0126

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa kemampuan berhitung 1-20 masih rendah dan anak kurang berminat dan bosan terhadap pembelajaran berhitung. Akibatnya suasana kelas membosankan dan tidak aktif, yang menyebabkan hasil belajar anak rendah. Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah dengan media batu warna. Permasalahan penelitian ini adalah”Apakah penerapan media batu warna dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 anak kelompok B RA Aswaja Besole Besuki Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?”. Jenis penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Aswaja Besole yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian menggunakan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar unjuk kerja anak dan Lembar Obsevasi guru. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh:  (1) pada siklus I ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 40%; (2) pada siklus II  ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 66,7%; dan (3) pada siklus III ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 93,3% yang menunjukkan bahwa kemampuan berhitung 1-20 anak sudah mencapai target 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media batu warna dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B RA Aswaja Besole Besuki Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Agustin. 2012. Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

Sujiono, dkk.2014. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suyanto. 2005. Dasar-dasar PAUD,    Yogyakarta : Hikayat.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI