MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS PUTAR PADA KELOMPOK A RA ASWAJA BESOLE BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RINI WIDYASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0125

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran berhitung 1-10 pada anak kelompok A masih belum optimal karena metode dan media yang digunakan guru tidak bervariasi sehingga menimbulkan kebosanan bagi anak ketika pembelajaran berhitung berlangsung.

Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan media gelas putar dalam  pembelajaran dapat  mengembangkan  kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok  A RA Aswaja Besole Tahun Ajaran 2017/2018 ?.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A RA Aswaja Besole yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen yang digunakan berupa RPP, Lembar tugas anak, Lembar  Observasi aktivitas anak, Lembar Observasi aktivitas peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase di setiap siklus. Persentase anak satu kelas pada Pra Tindakan sebesar 25% anak (Tuntas), kemudian pada siklus I persentase anak naik mencapai 45% (Tuntas), dilanjutkan pada siklus II diperoleh sebesar 65% (Tuntas) dan terakhir pada siklus III pencapaian persentase anak meningkat secara signifikan menjadi 85% yang menunjukkan bahwa kemampuan berhitung 1-10 anak sudah mencapai target ketuntasan (75%).

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini disarankan agar guru memilih media yang tepat dan menarik dalam meningkatkan pembelajaran berhitung anak 1-10. Mengingat bahwa media gelas putar dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak, hendaknya kepala sekolah menyediakan lebih banyak media pembelajaran yang menarik dan mendukung upaya guru dalam penggunaan media-media pembelajaran yang inovatif.


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak- Kanak. Jakarta : Depdiknas

Kemendikbud. 2015. Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemendikbud.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera.

Montolalu. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.  .

Pudjiati, S. R. R dan Maskouri, Alzena, 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta : Dirjen PAUDNI.

Sriningsih, Nining. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk  Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas.Cetakan Ketiga.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Yusuf LN. ,Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Roesdakarya.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI