MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA KREATIF PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERKEBUNAN GEGER KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WARIH SUCI TUNGGAL TRIANJANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0123

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa kemampuan berhitung, yaitu kemampuan dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Perkebunan Geger masih rendah, Dijumpai sebagian besar anak hanya memperoleh bintang satu dan dua, ini dapat dilihat dari hasil pengamatan peneliti. Hal ini dikarenakan kurang menariknya metodeyang digunakan guru saat mengajar, seta media yang digunakan sangat terbatas.Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah : apakah melalui permainan ular tangga kreatif dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Perkebunan Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 12 anak kelompok B TK Dharma Wanita Perkebunan Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen RPPM, RPPH, lembar observasi guru, dan lembar penilaian unjuk kerja kemampuan berhitung anak.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah permainan ular tangga kreatif terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Perkebunan Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari kenaikan presentase rata-rata kemampuan berhitung anak dari pra tindakan sebesar 25% kemudian naik menjadi 41,67% padasiklus I, 58,33% pada siklus II, dan kemudian pada siklus III menjadi 83,33%. Hasil tersebut sudah  sesuai dengan batas ketuntasan minimal yang sudah ditentukan yaitu sebesar 75%


Keyword

a

Reference

Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Montolalu. 2008. Bermain dan Permainan Anak . Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tatminingsih, Sri. 2015. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nurwindia. 2011. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI