Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK PGRI 3 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangakn oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi dan instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian anak dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif kuantitatif. Pada siklus I persentase ketuntasan sebanyak 40%, siklus II sebanyak 66,7%, dan siklus III sebanyak 93,3%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan ular naga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok B TK PGRI 3 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
Depdiknas. 2008. Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Bagian Proyek Olahraga Masyarakat, Direktorat Olahraga Masyarakat.
Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Kemampuan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Papalia, dkk. 2009. Human Development Perkembangan Manusia. Edisi 10 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Sujiono, Bambang, dkk. 2008. Metode Pengembangan Fisik Cetakan ketujuh Modul 1. Jakarta: Universitas Terbuka.