MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RADIO PUTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TAPAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ASTRID NUNGKAT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0119

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok B TK Dharma Wanita Tapan Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada kemampuan Bercerita. Hal ini dikarenakan anak hanya diam saat diminta guru menceritakan gambar, proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik bagi anak, kurangnya variasi pengguaan media pada pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan belum dapat menarik perhatian anak.

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk tetang kemampuan bercerita anak sebelum dilakukan tindakan, melakukan tindakan berupa penerapan media radio putar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bercerita, mengumpulkan data tentang kemampuan bercerita anak sesudah dilakukan tindakan, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan bercerita antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini adalah Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi guru. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita Tapan Kedungwaru Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 18 anak.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media Radio Putar terbukti dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tapan Kedungwaru Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada  Pra tindakan ketuntasan belajar anak 33%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 56%, meningkat pada siklus II menjadi 67%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 94%


Keyword

a

Reference

Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Peningkatan Kompetensi  Guru TK. Jakarta: Kemendikbud BPSMD PMP.

Nugroho. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sa’dun. 2009.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rineka Cipta.

Sumantri. 2005. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tedja Saputra. 2001. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Buana Ilmu Populer.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI