PENERAPAN METODE PRACTICAL LIFE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KUTOANYAR KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

CITRA TITIAN PRASETYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yaitu menggunakan 3 siklus. Subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 29 anak. Terdiri dari 20 anak perempuan, dan 9 anak laki-laki. Penelitian ini menerapkan metode Practical Life dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi proses pembelajaran dan lembar penilaian kemandirian anak dengan menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan prosentase pra tindakan yaitu 31%, prosentase pada siklus I yaitu 55%, mengalami peningkatan prosentase pada siklu II yaitu 65%, dan prosentase pada siklus III yaitu 75%. Dari hasil ketuntasan belajar yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemandirian pada anak kelompok B dapat ditingkatkan melalui penerapan metode Practical Life.


Keyword

a

Reference

Desmareza, R. 2012. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Montase Di RA Darul’Ulum PGAI Padang. Pesona Paud, 1 (1). Padang : Universitas Negeri padang.

Elytasari, S. 2017. Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Fakultas Tarbiyah : UNUGHA.

Fadlillah, M dan Khorida, L.M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Fajarwati, A. 2015. Penerapan Latihan Kehidupan Praktis Anak Usia 3-4 tahun. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, Vol.10, No. 1, PPs Universitas Negeri Jakarta.

Nugraha, A. dan Rachmawati, Y. 2014. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84 Tahun 2014 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. 2015. Kemendikbud

Putra, K.D dan Jannah, M. 2013. Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-6tahun) di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: FIP UNESA.

Rantina, M. 2015. Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Jakarta : PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta, Vol. 9, Edisi 2.

Rohmah, T. 2013. Meningkatkan Kemandirian Anak Melaui Kegiatan Practical Life Kelompok A di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: FIP UNESA.

Suriyati . Yusuf, A dan Miranda, D. 2014. Peningkatan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 tahun di TK. Tanah Pinoh : FIP PAUD.


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI