Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peniliti di Kelompok TK Dharma Wanita 03 Padangan Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2017/ 2018. Bahwa dalam proses pembelajaran kemampuan fisik motorik halus yang masih dilaksanakan masih menggunakan metode yang kurang bervariatif. Pemanfaatan kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan inovasi belajar anak kurang diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran kemampuan fisik motorik halus anak masih dilaksanakan secara monoton dan kurang menarik minat anak, sehingga kemampuan fisik motorik halus anak menjadi rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce bahan alam pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita 03 Padangan Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2017/ 2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini anak Kelompok A TK Dharma Wanita 03 Padangan Ngantru Tulungagung berjumlah 11 anak. Teknik analisis data dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrument penilaian RPPM, RPPH, lembar kemampuan motorik halus anak, lembar observasi kegiatan pembelajaran guru. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dapat dikembangkan melalui kegiatan meronce bahan alam. Berkembangnya kemampuan motorik halus anak dapat ditunjukkan dari data kemampuan motorik halus anak pada kondisi awal (pra tindakan) yang berhasil tuntas belajar mencapai 36% (4 anak), pada siklus I meningkat menjadi 54% (6 anak), pada siklus II meningkat menjadi 63% (7 anak), dan pada siklus III meningkat menjadi 90% (10 anak)
Asmawulan, 2010. Perkembangan Motorik dan Bahasa. Surakarta : Materi FKIP UMS
Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Berk, 2010. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik atau Seni di TK. Jakarta : Salemba.
Pamadhi, Hajar (2010). Seni Keterampilan Anak. Jakarta : Universitas.
Morisson, 2010. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta :PT.Indeks Nugraheni, 2015. Teori- Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.
Rahyubu, 2015. Teori-teori Dasar Pembelajaran Motorik
Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. PT Rajagrafind
Santrock,2009.Perkembangan Anak. Jakarta : PT Erlangga
Sujiono, dkk. 2015. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sujiono,Y.N, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Sumantri,MS.2005. Pengem-bangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.
Susanto, Ahmad. 2015. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas
Suyadi, 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pedagogia
Permendiknas, No. 84 Tahun 2014, tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. 2015. Jakarta : Kemendikbud.