MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PGRI 05 KALIBATUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANIS NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan motorik kasar melalui permainan egrang batok kelapa anak kelompok A TK PGRI 05 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK PGRI 05 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung sejumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja dan observai. Instrument yang digunakan berupa lembar penilaian anak dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan teknik kuantitatif komparatif. Pada tindakan (pra siklus) persentase ketuntasan hanya mencapai 16,7%, kemudian pada siklus I yang mencapai 25% dan meningkat pada siklus II mencapai 58,3%. Pada akhir siklus III hampir semua anak termasuk dalam kategori tuntas dengan prosentase 83,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui permainan tradisional egrang batok kelapa dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK PGRI 05 Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hamidi, Marzoan. 2013.Permainan Tradisional Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Jurnal An-nafs. 2017/2 (1) : 42-55.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia DiniJakarta : Kencana.

Maemunah, Ida Siti. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Bermain Sondah di Kelompok B Paud Al-Hikmah Cimahi. Diakses dari http://www.google.com/publikasi.stkipsiliwangi.ac.id .Pada tanggal 20 Desember 2017. Jam 11.00 WIB.

Purwaningsih, Ernawati. 2006. Permainan Tradisional Anak : Salah satu Khasanah Budaya yang Perlu Dilestariakan.Jantra : Jurnal sejarah dan budaya. 1(1) : 40-46. Diakses dari https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Purwadi, Vicky Agus Saputri. 2015. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B di RA Taqwal Ilah Semarang.Diakses dari http://www.google.com.journal.upgris.ac.id.Pada tanggal 7 Desember 2017. Jam 07.00 WIB.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.Diakses dari http://download.portalgaruda.org.Jurnal Cope, 2/XVIII :41-47.

Rahmadani, Ni Kadek Aris. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Jawa. Diakses dari https://doi.org/10.21009/JPUD.082.Jurnal Pendidikan Usia Dini. 8(2) : 315-324.

Samsudin.2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Ar-Ruzz Media.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI