Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan membaca awal anak kelompok A di RA Darul ‘Ulum Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Thaun Pelajaran 2017/2018 antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangakn oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 13 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi dan instrument yang digunakan berupa lembar penilaian anak dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan teknik kuantitatif komparatif. Pada siklus I persentase ketuntasan sebanyak 46,15%, siklus II sebanyak 69,23%, dan siklus III sebanyak 84,62%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak Kelompok A RA Darul ‘Ulum Kresikan, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.
Aminah, Siti. Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Cerita Bergambar pada Anak Kelompok A TK Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/1075/19/article.pdf. Pada tanggal 17 Desember 2017. Jam 14.00 WIB
Anggraeni, Ria. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/334/306. Pada tanggal 21 Desember 2017. Jam 08.30 WIB
Montolalu, B.E.F, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Partijem. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flanel Pintar Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6 (1): 83-91
Sugiono & Kuntjojo. 2016. Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10 (2): 255-276
Suparmi. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Flashcard pada Kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/19995/13.NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf. Pada tanggal 26 Desember
Zaini, Ahmad. 2015. Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini, Jurnal, 3 (1): 118-134