MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PERMAINAN KOTAK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA DARUL \'ULUM KRESIKAN KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan membaca awal anak kelompok A di RA Darul ‘Ulum Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Thaun Pelajaran 2017/2018 antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangakn oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 13 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi dan instrument yang digunakan berupa lembar penilaian anak dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan teknik kuantitatif komparatif. Pada siklus I persentase ketuntasan sebanyak 46,15%, siklus II sebanyak 69,23%, dan siklus III sebanyak 84,62%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak Kelompok A RA Darul ‘Ulum Kresikan, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Aminah, Siti. Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Cerita Bergambar pada Anak Kelompok A TK Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/1075/19/article.pdf. Pada tanggal 17 Desember 2017. Jam 14.00 WIB

Anggraeni, Ria. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/334/306. Pada tanggal 21 Desember 2017. Jam 08.30 WIB

Montolalu, B.E.F, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Partijem. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flanel Pintar Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6 (1): 83-91

Sugiono & Kuntjojo. 2016. Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10 (2): 255-276

Suparmi. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Flashcard pada Kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/19995/13.NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf. Pada tanggal 26 Desember

Zaini, Ahmad. 2015. Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini, Jurnal, 3 (1): 118-134


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI