MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B RA AFANDI KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NIKMATUL FUADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0108

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok B RA Afandi Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung masih rendah. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor dan kurang menariknya media yang digunakan sehingga diperlukan model media yang baru, salah satunya adalah media puzzle hasil buatan guru sendiri. Pada penelitian ini, peneliti akan mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah sesuai ilmu tajwid.

Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus ada 4 tahapan, yaitu 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, 4). Refleksi dan menggunakan instrument penilaian berupa lembar penenilaian unjuk kerja. Subyek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B RA Afandi yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.

Hasil penelitian pada siklus I mendapat prosentase 65% dan pada siklus II mendapat 88%. Pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar dari kriteria ketuntasan belajar 75%.

Implementasi dari hasil penelitian terbukti efektif dapat mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Bagi kepala sekolah, hendaknya menyediakan lebih banyak media pembelajaran. Bagi guru, hendaknya lebih kreatif dalam menciptakan media baru, dan bagi peneliti selanjutnya, penerapan media ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan aspek perkembangan lainnya.


Keyword

a

Reference

Erika, Nanda. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan “ Maze”Kata di Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD 1 (1) Online, tersedia:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1668 diunduh 18 November 2017.

Istiqhfarin, A.F. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al-Jadid Pada Anak Kelompok Bermain PAUD Aisiyah III Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Online, tersedia:http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.11.0005.pdf diunduh 28 Oktober 2017

Lestari, Puji & Susari, H.D. 2016. Pengembangan Berbahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui MEtode Bermain Kartu Huruf di TK PSM 2 Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal CARE 3 (2). Online, tersedia:http://e-journal.unipma.ac.id diunduh 28 Oktober 2017

Lestariningrum, Anik & Intan, P.W. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan. Nusantara of Research. Online, tersedia:http://lp2m.unpkediri.ac.id/jurnal diunduh 27 Oktober 2017

Rahman, Abdul. 2012. Pendidikan  Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi dan Isi Materi . Jurnal Eksis 8 (1). Online, tersedia: http://karyailmiah.polnes.ac.id/Download-PDF/EKSIS-VOL.08-NO.1-APRIL-2012 diunduh 15 Oktober 2017

Srianis, Komang & Suarni, N.K. & Ujianti, P.R. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. E-Journal  PGPAUD 2 (1) Online, tersedia:https://ejournal.undiksha.ac.id/i diunduh 30 Oktober 2017


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI