MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI GAMBAR SERI PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA TAWING KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TUMINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0104P

Abstract

ABSTRAK TUMINI. Meningkatkan Kemampuan Bercerita melalui Gambar Seri pada Anak Kelom¬pok B TK Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : kemampuan bercerita, gambar seri Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran kemampuan bercerita, guru tidak menggunakan media atau permainan yang menarik bagi anak didik. Akibatnya anak didik sering lupa, tidak urut, tidak lancar da¬lam berbicara, perbendaharaan kosa kata yang kurang, sulit merangkai kata men¬jadi kalimat, sehingga kemampuan bercerita anak didik menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah gambar seri dapat mening¬katkan kemam¬puan bercerita anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan: (1) untuk memperoleh data kemampuan bercerita anak didik sebe¬lum dilaksana¬kan tindakan penelitian, (2) melakukan tindakan penelitian berupa penggunaan gambar seri pada pembe¬lajaran berbahasa (bercerita) pada anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak, (3) mengumpul-kan data atau nilai setelah dilaksanakan tindakan penelitian, dan (4) membanding-kan hasil penelitian antara sebelum dan sesudah mengguna¬kan gambar seri pada pembelajaran bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui gambar seri ini dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Bagi orang tua, disarankan orang tua ikut memberikan pengarahan dan pembelajaran bercerita kepada anak dengan media-media yang ada di rumah, seperti foto-foto atau barang-barang kenangan yang ada di rumah, anak diajari bercerita dengan foto atau barang kenangan, sehingga anak dapat mengasah kemampuan berbahasa (bercerita)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI