MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KANTONG PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ROHMATUL UMMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0102p

Abstract

Abstrak ROHMATUL UMMAH: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kantong Pintar Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungaung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca permulaan di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung kurang menarik. Itu disebabkan karena guru hanya mengajari anak-anak membaca lewat tulisan yang ditulis di papan tulis dan anak-anak harus mengejanya dengan dibantu oleh guru. Kondisi ini menyebabkan kurang maksimalnya anak-anak dalam belajar membaca dan kemampuan membaca permulaan anak-anak masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah media kantong pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui apakah media kantong pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek peneltian anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media kantong pintar dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada Pra Tindakan sebesar 52,94%, Siklus I sebesar 60,29%, Siklus II sebesar 72,06%, Siklus III sebesar 80,88%. Berdasarkan simpulan penelitian ini, direkomendasikan: Penggunaan media kantong pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan berupa kata atau cerita sederhana yang disertai dengan gambar sehingga anak mampu membaca sendiri suatu tulisan serta dapat memahami isinya. Dengan demikian anak akan merasa lebih siap memasuki pendidikan selanjutnya. Hendaknya dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak menggunakan media dan permainan yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, misalnya menggunakan media kantong pintar. Kata Kunci: Membaca permulaan, Media kantong pintar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI