Meningkatkan kemampuan membaca menggunakn media kartu kata pada anak didik kelompok B Tk dharma wanita jatimulyo kecamatan kauman kabupaten tulungagung tahun ajaran 2016/2017m
Author (Penulis)
TRI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0100
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok B mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada kemampuan membaca. Dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, tidak adanya media yang digunakan, sehingga suasana belajar masih monoton dan antusias dari siswa masih sangat terbatas.Tujuan penelitian: 1) Memperoleh data tentang kemampuan membaca kelompok B sebelum dilakukan tindakan, 2) Melakukan tindakan berupa penerapan media kartu kata sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca kelompok B, 3) Mengumpulkan data tentang kemampuan membaca kelompok B sesudah dilakukan tindakan. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian: TK Dharma Wanita Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Prosedur Pengumpulan data: Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi. Analisis data: Analisis data dilakukan pada saat di lapangan dan sesudah data terkumpul. Analisis data selama pengumpulan data adalah dengan penyusunan format observasi. Hasil penelitian: “Media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017”. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Pra tindakan ketuntasan belajar anak 24%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 35%, meningkat pada siklus II menjadi 55%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 80%. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.”