MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA APOTIK HIDUP PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 SUKOREJO KULON KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NUR HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0098P

Abstract

ABSTRAK Nur Handayani : Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Penggunaan Media Apotik Hidup Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita 1 Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di TK Dharma Wanita I Sukorejo Kulon pembelajaran pengetahuan sains cenderung kurang variatif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kurang variatifnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sehingga pada akhirnya kemampuan pengetahuan sains anak menjadi rendah. Permasalahan dari penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media apotik hidup dapat meningkatkan pengetahuan sains anak TK Dharma Wanita 1 Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita I Sukorejo Kulon. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui media apotik hidup terdapat peningkatan kemampuan pengetahuan SAINS anak terbukti dengan prosentase ketuntasan yang diperoleh pada setiap tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 16% dari siklus I ke siklus II, dan 16% dari siklus II ke siklus III. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan sains hingga mencapai ketuntasan sebesar 79%. Data tersebut di atas menunjukkan bahwa kondisi anak didik yang terlihat dalam proses pembelajaran telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media apotik hidup dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman sains pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) mengingat media eskperimen dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan sains, maka hendaknya bagi Kepala Sekolah untuk melengkapi media pembelajaran ini, (2) untuk maksud yang sama yaitu upaya peningkatan pemahaman pengetahuan SAINS apa yang sudah peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan, dan (3) hendaknya menanam tanaman apotik hidup di rumah untuk mengenalkan jenis tanaman apotik hidup pada anak di lingkungan keluarga. Kata kunci : pengetahuan sains, media apotik hidup

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI