PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PENERAPAN BERMAIN POHON HURUF PADA KELOMPOK A TK PGRI 02 BANYUURIP KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

HALIMATUS SA'DIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0093P

Abstract

ABSTRAK Halimatus Sa’diyah : Peningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Penerapan Bermain Pohon Huruf Pada Kelompok A TK PGRI 02 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, FKIP UNP-PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang peneliti dilakukan di TK PGRI 2 Banyuurip dari 18 peserta didik yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan hanya sekitar 30% yang mau menyimak dan mengikuti kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru, sedangkan 70% lagi terlihat jenuh dan lebih asyik mengobrol dengan temannya, adapula beberapa anak yang sering membuat gaduh mengganggu teman yang lainnya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil belajar anak yang kurang maksimal, dan kegiatan pembelajaran tidak berhasil. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan bermain pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK PGRI 02 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK PGRI 2 Kalibatur. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi peneliti, lembar kegiatan anak, dan lembar penilaian anak. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I sebesar 50% menjadi 72% pada siklus II, dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu sebesar 83%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan bahasa di TK PGRI 02 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, peneliti memberikan saran bagi para guru dapat lebih kreatif dan mengembangkan lagi media pohon huruf sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang diterapkan di kelas khususnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Bagi kepala sekolah penggunaan media yang lebih bervariasi harus terus ditingkatkan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Bagi orang tua memberikan semangat kepada anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan aktif dalam kegiatan, agar anak dapat berkembang secara baik sesuai dengan indikator perkembangan yang seharusnya. Kata kunci : kemampuan bahasa, media pohon huruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI