PENINGKATAN KEMAMPUAN IMAJINASI ANAK MENJADI PENGUSAHA MELALUI PERMAINAN PABRIK TAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH DESA PULOSARI KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SULISTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0092P
Abstract
Abstrak
SULISTIANI, Peningkatan Kemampuan Imajinasi Anak Menjadi Pengusaha Melalui Permainan Pabrik Tas pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Desa Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : kemampuan imajinasi anak, permainan pabrik tas.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih minimnya jumlah anak yang memiliki kemauan untuk mengembangkan imajinasinya disebabkan oleh media serta metode guru yang digunakan dalam pembelajaran terkesan monoton dan kurang inovatif shingga mengakibatkan anak kurang mampu mengembangkan imajinasinya.
Permasalahan yang akan di pecahkan dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan permainan pabrik tas dapat meningkatkan kemampuan imajinasi anak kelompok B TK Aisyiyah Pulosari Ngunut ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B1 TK Aisyiyah Pulosari yang berjudul Peningkatan Kemampuan Imajinasi Anak Menjadi Pengusaha Melalui Permainan Pabrik Tas pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Pulosari. Penelitian dilaksakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen RPPM, RPPH, lembar penilaian unjuk kerja kemampuan imajinasi anak dan lembar observasi aktifitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan pabrik tas terbukti dapat meningkatkan kemampuan imajinasi anak menjadi pengusaha pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar kemampuan imajinasi anak dari siklus I, II, dan III yaitu dari 40%, 65%, sampai 90%.
Sebagai pendidik anak usia dini sebaiknya kita selalu mengembangkan diri yaitu dengan selalu mempelajari ilmu pengetahuan dunia Pendidikan Anak Usia Dini guna menambah wawasan dan menggali metode metode inovatif agar anak semakin tertarik selama mengikuti kegiatan belajar sehingga dapat berkembang seluruh potensi yang dimiliki sesuai dengan tahap usianya.Salah satunya adalah dengan metode permaianan pabrik tas untuk meningkatkan kemampuan imajinasi anak.