PEMANFAATAN MEDIA KERANJANG CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENALBENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULOSARI KECAMATANNGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
SULISTIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0091P
Abstract
ABSTRAK
Latar Belakang Masalah: Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok B yaitu kelompok usia 5 - 6 tahun mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada indicator kemampuan mengenal bentuk geometri. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, tidak adanya media yang digunakan, sehingga suasana belajar masih monoton dan antusias dari siswa masih sangat terbatas. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok B di TK Aisyiyah pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan dibantu oleh orang lain. Lokasi penelitian berada di TK Aisyiyah Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
Berdasarkan hasil penelitian, ada peningkatan hasil kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dengan menggunakan media keranjang cerdas. Hal ini dapat dibuktikan bahwa: pada kegiatan pratindakan yaitu kegiatan tanpa menggunakan media keranjang cerdas kemampuan mengenal bentuk geometri anak mencapai 29% setelah menggunakan media keranjang cerdas pada siklus I meningkat hingga mencapai 65% dan penggunaan media keranjang cerdas dilanjutkan padasiklus II kemampuan anak meningkat hingga mencapai 71% serta pada siklus III mencapai 94%.”
Kata Kunci : Media Keranjang Cerdas, Mengenal Bentuk Geometri