Peneliti ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa perkembangan motorik halus anak di RA PSM Gempolan II masil belum berkembang secara optimal. Belum optimalnya kemampuan motorik halus terkait dengan adanya beberapa anak yang belum mempunyai kelenturan atau keluwesan dalam menggunakan kemampuan motorik halusnya. Selain itu, guru juga kurang memperhatikan media pembelajaran yang digunakan. Guru tidak pernah mengkombinasikan atau membuat media pembelajaran baru yang lebih menarik. Akibatnya anak mudah merasa bosan setiap mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah : Apakah kegiatan menganyam dari bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA PSM Gempolan II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Desain penelitian ini menggunakan pendekan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc.Taggart dengan subyek penelitian 16 anak kelompok B RA PSM Gempolan II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Menggunakan tiga siklus dengan menggunakan instrument penilaian berupa lembar penilaian unjuk kerja dan lembar observasi guru. Setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan menganyam dari bahan alam pada anak kelompok B RA PSM Gempolan II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang dinyatakan pada siklus III sebanyak 89% anak dinyatakan tuntas. Pada pra tindakan persentase ketuntasan belajar anak sebesar 42%, pada siklus I meningkat 66%, pada siklus II menjadi 75%, dan pada siklus III menjadi 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menganyam dari bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA PSM Gempolan II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Ariyati, I & Mas’udah. 2014. Meningkatkan kemempuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok TK Plus “Tuna Bangsa” sokomejokerto. https://www.google.co.id/search?ei=uD1wWtqGHoXwvgTN1LuwCw&q=jurnal+meningkatkan+kemampuan+motorik+halus+anak+melalui+kegiatan+menganyam Diunduh 22 Januari 2018
Sukmaningrum, A. 2016. Mengembangkan Ketrampilan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menjahit Untuk Usia 5 – 6 Tahun Semester I Tk Karangrejo 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2015/2016 https://www.google.co.id/search?q=jurnal+mengembangkan+ketrampilan+fisik+motorik+halus+anak+melalui+kegiatan+menjahit+untuk+usia+5+-6 Diunduh 24 Januari 2018
Suyanto, S. 2005. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.