PEMANFAATAN MEDIA REWARD STICKER PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AL-FALIH KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MIKE NUR ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0084

Abstract

Kedisiplinan anak kelompok B TK Islam Al-Falih Kecamatan Mojoroto Kota Kediri belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan cenderung hanya menasehati dalam mendisiplinkan anak, dan juga latar belakang orangtua yang berbeda-beda dalam memberikan pembiasaan kedisiplinan pada anak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya sikap kedisiplinan anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah pemanfaatan media reward sticker picture dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok B TK Islam Al-Falih Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Islam Al-Falih Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 19 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja sikap kedisiplinan anak, dan lembar observasi aktivitas guru. Ketuntasan sikap kedisiplinan anak pada pra tindakan adalah 31,58%. (2) Hasil pada siklus I sebesar 47,37% dan pada siklus II sebesar 72,2%. (3) Hasil pada siklus III persentase ketuntasan mengalami peningkatan yaitu 89,5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan pemanfaatan media reward sticker picture dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok B TK Islam Al-Falih Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Sinar Grafika Ofset.

Fadillah, Muhammad dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih bahasa: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Iswantiningtyas, Veny. 2016. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Percobaan Sains Sederhan. Makalah disediakan dalam Seminar Nasional, Universitas Kanjuruan Malang, Malang, Malang, 07 Mei 2016.

Khodijah, Siti. 2015. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured: Studi Terhadap Kelas Ii Sdn Pisangan 03 Legoso Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah.

Lestari, Rahayu Sri. 2016. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak It Az Zahra Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Meila, Arlin. 2015. Hubungan Reward Dengan Disiplin Anak Tk Kelompok B Di Sekolah Se-Gugus Ii Kecamatan Sanden, Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mintari, Rani Setyo. 2013. Pendidikan Saintifik dalam Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Kementerian Pendiidikan dan Kebudayaan.

Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktor Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Wiyani, Novan Ardi. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jakarta : Ar-Ruzz Media


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI