Hasil dari pengamatan guru, bahwa kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok A PAUD TK Lab School UN PGRI Kediri belum berkembang dengan baik. Hal ini ditunjukan bahwa dari 11 anak yang mendapatkan bintang empat hanya 1 anak dan tiga anak mendapatkan bintang tiga selanjutnya tujuh anak mendapatkan bintang satu dan dua. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf adalah melalui permainan Baby Boggle. Baby boggle adalah suau permainan yang baik untuk membangun kosa kata anak dan keterampilan mengeja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan baby boggle dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal huruf abjad pada anak kelompok A di PAUD TK Lab School UN PGRI Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD TK Lab School UN PGRI Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 11 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian kemampuan mengenal huruf abjad, dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh kesimpulan : 1) Hasil persentase rata-rata ketuntasan pada pra tindakan hanya 9,10%. 2) Dilanjutkan dengan tindakan perbaikan pada siklus I dan siklus II yang hasilnya mengalami peningkatan ketuntasan lebih baik dibandingkan dengan tindakan sebelumnya. 3) Pada siklus III persentase rata-rata ketuntasan mengalami peningkatan yang lebih baik dan jumlah tersebut telah melebihi telah kriteria ketuntasan minimum 75% dengan nilai 90,90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan baby boogle dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad kelompok A PAUD TK Lab School UN PGRI Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dinyatakan berhasil dan dapat dibuktikan kebenarannya dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad melalui hasil penelitian
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis .Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2000. Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak- kanak. Jakarta : Depdiknas.
Dhieni,dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Dwitagama, Dedi dkk. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS
Lwin, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT INDEKS.
Rosyana, Desna. 2015. Penerapan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. (online) tersedia: repository.upi.edu/17161/5/S_BHS A_KDSERANG_1103957_Chapter2.pdf diunduh 10 Desember 2017.
Semiawan, Cony R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Wihardit dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.