MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA POP UP BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI 01 BENDOSARI KECAMATAN TULUNGAGUNG TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

INNA MUSTOFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0077

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan, bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK PGRI 01 Bendosari Kecamatan Tulungagung masih belum berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang kurang menyenangkan, monoton, dan pasif serta minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan masih kurangnya kemampuan berbicara anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI 01 Bendosari tahun pelajaran 2017/2018.  Dengan subjek penelitian berjumlah 25 anak dan dibantu oleh 1 observer. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dengan empat tahap yaitu : 1) perencanaan; 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Pengumpulan data dan teknik penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, dokumentasi, tanya jawab serta unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini pada tindakan siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan di setiap siklusnya hingga mencapai 92% pada siklus III. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran pop up book dapat meningkatkan keapuan berbicara anak kelompok B TK Bendosari Kecamatan Tulungagung tahun 2017/2018 dan kebenaranya dapat dibuktikan dari penelitian yang telah dilakukan.


Keyword

a

Reference

Animas, A. 2018. Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VIII smp   Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2 (1) :2598-9944.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Ofset.

Dhieni, Nurbiana,dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. (Cet. 3;Ed 1) Jakarta: Universitas Terbuka.

Gutara, Yudha, dkk. 2017. Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa, (Online), tersedia : https://www.researchgate.net/publication/320879461, di unduh pada tanggal  18 Nopember 2017.

Hanifah, Umi Trisna. 2014. Pemanfaatan Media Pop Up Book Berbasis tematik untuk Meningkatkan kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia 4-5 tahun Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung, (Online), tersedia : http://journal.unesa.ac.id/sju/index.php/belia, di unduh tanggal 18 Nopember 2017.

Pandeirot, D.O dan Surna,N,I. 2014. Pisikologi pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wardhani dan Wihardit, K. 2014. Peneitian Tindakan Kelas. (Cet. 21;Ed 1) Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI