Penelitian ini dilatar belakangi hasil penilaian perkembangan anak, bahwa kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak kelompok A Seklah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 belum berkembang dengan baik. Hal ini di karenakan dalam pembelajaran penjumlahan 1-10 belum memasukkan unsur permainan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan permainan Pika (Piring Angka) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan penjumlahan 1-10 anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model penelitian Kemmis & McTaggart dengan tiga siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subjek penelitian anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 10 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik unjuk kerja dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan siklus terakhit tercapai ketuntasan 90%. Maka hipotesis tindakan yang diacukan diterima. Kesimpulannya adalah bahwa tindakan pembelajaran dengan permainan Pika (Piring Angka) dapat dibuktikan kebenaranya mampu mengembangkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ghufron, M.Nur dan Risnawita, Rini. 2012. Gaya Belajar. Penerbit: Prenada Media Group
Iskandar. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Penerbit: Prenada Media Grou
Musfiroh, Tadkiroatun dan Taminingsih, Sri. 2015. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nuraini. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Ed.1. Jakarta: Universitas Terbuka
Supartin. 2017. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Pika (Piring Angka). diakses pada 10 Oktober 2017. http://tracerstudy.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/445a816deb76e4812ef465e7b6567d78.pdf
Tombokan, Rantukahu dan Selpiu, Kandau. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Wardami, IGAK., dan wihardit, kuswaya. 2014. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Tangerag : Universitas Terbuka