MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN 1-10 MELALUI PERMAINAN PIKA (PIRING ANGKA) PADA ANAK KELOMPOK A SEKOLAH ALAM RAMADHANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MARETA DIAN TIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0070

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil penilaian perkembangan anak, bahwa kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak kelompok A Seklah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 belum berkembang dengan baik. Hal ini di karenakan dalam pembelajaran penjumlahan 1-10 belum memasukkan unsur permainan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan permainan Pika (Piring Angka) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan penjumlahan 1-10 anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model penelitian Kemmis & McTaggart dengan tiga siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subjek penelitian anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 10 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik unjuk kerja dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan siklus terakhit tercapai ketuntasan 90%. Maka hipotesis tindakan yang diacukan diterima. Kesimpulannya adalah bahwa tindakan pembelajaran dengan permainan Pika (Piring Angka) dapat dibuktikan kebenaranya mampu mengembangkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ghufron, M.Nur dan Risnawita, Rini. 2012. Gaya Belajar. Penerbit: Prenada Media Group

Iskandar. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Penerbit: Prenada Media Grou

Musfiroh, Tadkiroatun dan Taminingsih, Sri. 2015. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Ed.1. Jakarta: Universitas Terbuka

Supartin. 2017. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Pika (Piring Angka). diakses pada 10 Oktober 2017. http://tracerstudy.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/445a816deb76e4812ef465e7b6567d78.pdf

Tombokan, Rantukahu dan Selpiu, Kandau. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Wardami, IGAK., dan wihardit, kuswaya. 2014. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Tangerag : Universitas Terbuka


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI