Hasil penilaian perkembangan menunjukan bahwa kemampuan berhitung 1-20 anak kelompok B TK Dharma wanita Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masih rendah. Ditemukan fakta dari 25 anak didik hanya 5 anak yang mendapat bintang empat, 7 anak mendapat bintang tiga, 8 anak mendapat bintang dua, dan 5 anak mendapat bintang satu. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan permainan ular tangga dalam pembelajaran. Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 anak kelompok B TK Dharma Wanita Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 ?. Metode pada penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan tercapai ketuntasan 88% dari kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75%. Maka hipotesis tindakan diterima. Kesimpulanya adalah penggunaan permainan ular tangga untuk pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 anak kelompok B TK Dharma Wanita Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.
Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan (Cetakan Kesembilan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hartati, S. 2015. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Musfiroh, T. 2013. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sujiono, Y.N. 2013. Metode Pengembangan Kognitif Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Wardhani & Wihardit. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka