Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Bajak Laut Merah Pada Anak Kelompok A RA Darussalam Brenggolo Plosoklaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

UMIALQORIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0063

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak kelompok A RA Darussalam Brenggolo Plosoklaten Kediri belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan  dalam pembelajaran mengenal warna belum terdapat unsur pemainan edukatif yang menarik bagi anak. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan permainan bajak laut merah dalam kegiatan pembelajaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A RA Darussalam Brenggolo Plosoklaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart (spiral refleksi diri) dengan tiga siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A RA Darussalam Benggolo  yang berjumlah 27 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja untuk anak didik. Berdasarkan analisis data pada siklus I, siklus II dan siklus III setelah diterapkan permainan bajak laut merah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna sebesar 80%. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, tindakan pembelajaran melalui permainan bajak laut merah dapat dibuktikan kebenarannya mampu mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A RA Darussalam Brenggolo Plosoklaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi  Aksara.

Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, CV.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunarti,Winda, dkk. 2014. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Maslich, Yulinda I. 2013. Teori Warna dan Psikologi, (online). Tersedia: https://www.slinshare.net/mobile/ irmaYulindaMaslich/teori-warna-psikologi-warna-42983871 diunduh 13 November 2017.

Pica, Rae. 2012. Permainan-permainan Pengembangan Karakter Anak-anak. Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Departemen Pendididkan Nasional.

Sujiono, Yuliani Nuraini, dkk,. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani Nuraini, 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Tedjasaputra, S. Mayke. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Winataputra, Udin dkk. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wardhani, IGK. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI