MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN ROTARI PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI I KALIANYAR KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ARIF HERMAWAN PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0061

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Pertiwi I Kalianyar belum berkembang dengan baik. Hal ini di karenakan dalam pembelajaran mengenal membaca belum memasukkan unsur permainan. Hal tersebut dapat terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dalam membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan ROTARI dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Pertiwi I Kalianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Pertiwi I Kalianyar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan instumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), skenario pembelajaran, lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, diperoleh persentase rata-rata ketuntasan kemampuan membaca pada pra tindakan adalah 20% dilanjutkan dengan tindakan perbaikan pada siklus I, siklus II dan siklus III. Dengan diterapkan permainan ROTARI menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca sebesar 86,7%. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, tindakan pembelajaran dengan permainan ROTARI dapat dibuktikan kebenaranya mampu mengembangkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Pertiwi I Kalianyar Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Aizid, Rizem. 2011. Bisa Baca Secepat Kilat (Super Quick Reading). Yogyakarta: Buku Biru.

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakartya: PT. Bumi Aksara.

Dalman, 2011. Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nuriadi, 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. 2008.  Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarso, 2010. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subyantoro, 2011. Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. .

Tiyas, Satria Watining. 2017. Meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media peta Pada anak kelompok b tk kusuma mulia VII purwokerto      Kecamatan ngadiluwih kabupaten kediri. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI