MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN EMBER HARTA KARUN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PKK JABON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DYAH HESTI NUGRAHENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0058

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penilaian anak dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak  kelompok A PAUD PKK Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 yang masih rendah. Hal ini terlihat dari data 20 anak hanya 30% yang mampu mencapai nilai ketuntasan belajar. Masalah ini dapat dipecahkan melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan permainan ember harta karun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah permainan ember harta karun dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD PKK Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tiga siklus. Data dikumpulkan dengan teknik unjuk kerja dan obsevasi.serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, diperoleh nilai ketuntasan belajar kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 90% melebihi kriteria ketuntasan belajar sebesar 75%. Dengan demikian hipotesis diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan ember harta karun dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD PKK Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Sinar Grafika Ofset.

Charner, Kathy., dan Murphy, Maurren. 2006. Brain Power Permainan Kreatif Untuk Prasekolah. Jakarta : Erlangga.

Dewi, Fortuna Linda, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Ular Tangga Anak Usia 4-5 Tahun Skripsi. Dipublikasikan.Pontianak : universitas Tanjungpura. tersedia :jurnal.untan.ac.id. diunduh 17 Oktober 2017.

Montolalu, B.E.F, dkk. 2008. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Murdiati, Anik. 2002. Perkembangan Prilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Diva Press.

Nurkhasanah, Iin. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Menyusun Pelangi Pada Anak Kelompok B TK Aisiyah Kebenaran Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.Skripsi.Dipublikasikan.Purwokerto : Universitas Muhammadiyah. tersedia :repository.ump.ac.id. diunduh 8 November 2017.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar PAUD.

Ramaini. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD Vol  1 No 1. (online), tersedia di : id.portalgaruda.org. diunduh pada 17 November 2017.

Sujiono, Yuliani Nuraini., dkk 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardami, I G A K., dan Wihardit, Kuswaya. 2014. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang : Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI