MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PERTUMBUHAN TANAMAN KECAMBAH PADA ANAK KELOMPOK A TKIT AL-AZHAR KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI NINA FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0056

Abstract

Pentingnya pembelajaran sains untuk kehidupan manusia menjadi dasar utama peneliti untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep sains pada anak. Apalagi dilihat dari rendahnya kemampuan mengenal konsep sains pada anak kelompok A TKIT AL-AZHAR Kabupaten Kediri  juga merupakan suatu alasan penelitian ini dilakukan. Oleh karena itu, untuk mengembangkan kemampuan mengenal mengenal konsep sains peneliti menggunakan metode eksperimen pertumbuhan tanaman kecambah. Rumusan masalahan dari penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode eksperimen pertumbuhan tanaman kecambah dapat mengembangkan pengetahuan sains anak Kelpmpok A-3 TKIT AL-AZHAR Kabupaten Kediri?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dilaksanakan dalam tiga , menggunakan instrumen berupa RPPH, RPPM, lembar observasi guru, lembar kemampuan anak didik. Terdapat peningkatan kemampuan mengenai konsep sains anak terbukti dengan presentase ketuntasan yang diperoleh pada setiap tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I sebesar 38% siklus II sebesar 69 % dan siklus III sebesar 85%. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan sains hingga mencapai ketuntasan sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pertumbuhan tanaman kecambah dalam upaya mengembangkan kemampuan mengenal konsep sains pada anak kelompok A-3 TKIT AL-AZHAR Kabupaten Kediri hipotesis dinyatakan diterima.


Keyword

a

Reference

Kusumah, W., & Dwitagama, D. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Sujiono.N.Y., dkk.2014.Metode PengembanganKognitif.Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.

Susanto,A .2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi, & Damayanti. 2005. Program Pendidikan Untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Grasindo.

Ward H. 2010. Pengajaran Sains berdasarkan Cara Kerja Otak. Jakarta:Indeks.

Yulianti.D.2010.Bermain Sambil Belajar Sains di Taman KanakKanak, Jakarta:Indeks


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI