MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI PERMAINAN BONEKA PUTAR BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A TK AL HUDA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ARIN MU'MINATI HASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0054

Abstract

Kemampuan Rasa Percaya Diri pada anak kelompok A TK AL HUDA Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri masih belum optimal,hal ini terejadi saat anak diminta untuk maju kedepan hanya sekedar menyiapkan temannya untuk berbaris anak masih malu dan terkadang menangis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah permainan boneka putar bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional rasa percaya diri pada anak kelompok A TK AL HUDA Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018?. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A TK AL HUDA Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun 2017/2018 yang berjumlah 19 anak dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Dilaksanakan menggunakan tiga siklus, dengan tekhnik pengumpilan data berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan dan Harian, lembar penilaian kemampuan rasa percaya diri dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, diperoleh persentase rata-rata ketuntasan kemampuan rasa percaya diri pra tindakan adalah 36,8%. Dilanjutkan dengan tindakan perbaikan siklus I dan siklus II. Pada siklus I setelah diterapkan permainan boneka putar bernyanyi mengalami peningkatan persentase rata-rata yakni 47% dilanjutkan dengan siklus II dan juga mengalami peningkatan persentase yakni sebesar 63%, dilanjutkan dengan siklus III. Pada siklus III mengalami peningkatan persentase yaitu sebesar 84% dan pada siklus III ini telah melebihi kriteria ketuntasan minimum 75% dan hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan boneka putar  bernyanyi dapat mengembangkan rasa percaya diri pada anak kelompok A TK AL HUDA Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Adhita Restu, Upaya meningkatkan Rasa Percaya diri Anak Kelompok B Melalui Bermain Aktif di TK PEMBINA KECAMTAN BANTUL. 2013. Dalam internet online: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.uny.ac.id/14696/1/Adita%2520Restu%2520Hanun%2520Prawistri%2520%252811111247025%2529.   Di akses pada tanggal 08 Oktober 2017 pukul 15:09 WIB

Rahayu, Aprianti. (2013) Menumbuhkan Kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita. Jakarta: Indeks.

Lindenfield, Gael. (1997) mendidik anak agar percaya diri. (Penterjemah: Ediati Kamil). Jakarta: Arcan. 

Lestariningrum, Anik.(2017) Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Ismail, Andang. (2009) Education Game. Yogjakarta: Pro-U Media.


PUBLISHED

2018-08-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI