Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Ular Tangga Kreatif Pada Anak Kelompok B PAUD PKK PLOSOREJO KEC. GAMPENGREJO KAB. KEDIRI


Author (Penulis)

DITA PURBO ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0047

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti terkait dengan kemampuan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B PAUD PKK Plosorejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri yang belum berkembang secara baik sesuai dengan indikator perkembangan anak sehingga guru ingin meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B melalui permainan ular tangga kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar unjuk kerja anak dan lembar observasi guru.Teknik penilaian anak yang digunakan adalah observasi Instrumen yang digunakan yaitu lembar unjuk kerja anak dan lembar observasi guru.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak pada siklus I sebanyak 60% atau 6 anak, pada siklus II menjadi 70% atau 7 anak dan siklus ke III meningkat menjadi 90% atau 9 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan permainan ular tangga kreatif dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B PAUD PKK Plosorejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis peneliti diterima


Keyword

a

Reference

Arikunto,Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yokyakarta, : Pro-U Media

Nursih, Bestari. 2014. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sunda Manda Pada Kelompok B1 TK Arum Puspita. Skipsi : Universitas Negeri Yogyakarta. Di unduh 20 Nopember 2017

Sofiah, Nuning. 2012. Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Bermain Pada Papan Titian Pada Anak Kelompok B TK PGRI NITIKAN YOGYAKARTA .Skripsi : Universitas PGRI Yogyakarta.

Swastrini, Komang, Cahya. 2016. Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1di TK Widya Sesana Sangsit.Journal : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Di unduh 8 Oktober 2017

Wiyani Ardi Novan, Barnawi. 2012. Bermain Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Sleman, Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI