Penelitian ini dilakukan karena terkait dengan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A RA YPSM PUNJUL Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri belum berkembang sangat baik. Hal tersebut dapat terjadi karena Banyak anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan 1-10 dikarenakan anak juga masih kesulitan dalam membedakan lambang bilangan. Selain itu media yang digunakan untuk mengenalkan angka kurang menarik minat anak. Rumusan masalah dalam ini adalah “Apakah penerapan metode mind map dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media flip chart pada anakkelompok A RA YPSM PUNJUL Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri?”Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar penilaian pemberian tugas anak dan lembar observasi guru.Teknik yang digunakan adalah pemberian tugas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak pada siklus I sebanyak 54,55% atau 12 anak, pada siklus II menjadi 68,2% atau 15 anak dan siklus III meningkat menjadi 86,35% atau 19 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Maka kesimpulannya dapat dinyatakan bahwa melalui “Penerapan metode mind map dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media flip chart pada anak kelompok A RA YPSM PUNJUL Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri”
Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media PendidikanPengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arini, W. 2012. Upaya Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sekitar Bagi Siswa Kelas II SD Kristen 01 Wonosobo Semester 2 Tahun 2011/2012. Salatiga: Universitas Kristen SatyaWacana.http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/1058/1/T1_292010615_Judul.pdf. Diakses pada tanggal 7 November 2017, jam 18.24.
Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
De Poter B & Hernacki M. 2008. Quantum Learning “Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan” . Bandung: PT Mizan Pustaka.
Soemiarti Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah.Jakarta: Rineka Cipta.Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pitadjeng.(2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Purnaminingsih, dkk, 2014. Penerapan Metoda Mind Mapping Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif . Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. http://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPAUD/article.view/994. Diakses pada tanggal 7 November 2014, jam 18.22.