Berdasarkan hasil penilain perkembangan tentang rendahnya kemampuan sosial emosional anak dalam bekerjasama pada kelompok A TK Negeri Pembina Gondang masih rendah, karena kemampuan bekerjasama anak kurang, hal ini disebabkan karena upaya guru dalam mengembangkan kemampuan kerjasama anak hanya mengunakan metode bercerita yang didalamnya ada nilai-nilai kerjasama. Oleh karena itu solusi yang dapat untuk mengembangkan kemampuan bekerjasama guru menggunakan kegiatan memainkan musik angklung pada kelompok A TK Negeri Pembina Gondang Kab. Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and Mc Taggart dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Negeri Pembina Gondang Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 15 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan 3 siklus Instrumen penilaian yang digunakan adalah unjuk kerja dan lembar observasi teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hal tersebut dapat diketahui dari jumlah anak yang mencapai kriteria ketuntasan pada siklus I sebesar 40%, siklus II sebesar 60% dan siklus III 80%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: kegiatan memainkan musik angklung dapat mengembangkan kemampuaan sosial emosional anak dalam bekerjasama pada kelompok A TK Negeri Pembina Gondang Kabupaten Tulungagung, sehingga hipotesis penelitian diterima.
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak. PT Gelora Aksara Pratama
Rasyid,F.(2013). Cerdaskan Anakmu dengan Musik. Yogyakarta : Diva press
Arikunto, S, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Gunardi Winda, dkk. (2010). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Universitas Terbuka