Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman guru di dalam kelas kelompok A PAUD Al Ikhlash Ngadiluwih Kabupaten Kediri ditemukan bahwa kemampuan sikap tanggung jawab anak masih rendah. Hal ini terlihat dari data 15 anak didik hanya 30% yang mampu mencapai nilai ketuntasan belajar dan 70% masih belum mampu mencapai nilai ketuntasnn belajar. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya permasalahan pada kemampuan sikap tanggung jawab. Oleh karena itu, perlu ada solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui permainan twister. Dengan rumusan masalah “apakah penerapan permainan twister dapat mengembangkan kemampuan sikap tanggung jawab pada anak kelompok A PAUD Al Ikhalsh Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan tiga siklus, yang menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan kriteria ketuntasan belajar sebesar 75% dan teknik penilaian yang digunakan yaitu observasi. Hasil ketuntasan belajar anak didik pada siklus I mencapai 46%. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 60%. Pada siklus III hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 80%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan Twister dapat mengembangkan kemampuan sikap tanggung jawab pada anak kelompok A PAUD Al Ikhlash Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun Pelajaran 2017/2018.
Brian Adi Hutama. 2017. Bermain Twister Modifikasi terhadap Hasil Belajar Mengenal Bentuk Geometri Siswa AUTIS pada SLB. 2 (8). (Online) tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/20364/18663 diunduh 1 oktober 2017.
Hamid Hasan, Said. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saingdan Karakter Bangsa. Jakarta. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (online) tersedia: http://library.binus.ac.id/eColls/eJournal/Konsep%20Dan%20Penerapan%20Model%20Pendidikan%20Karakter%20Mahasiswa%20Unikom.pdf terunduh 1 Oktober 2017.
S. Sumartono. 2017. Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together, 12 (5). (Online) tersedia: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/download/2579/2246 diunduh 20 Oktober 2017