Mengembangkan Kemampuan Permulaan Sains Mengenal Terjadinya Erosi Melalui Pemanfaatan Bahan Alam Pada Anak Kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permulaan sains mengenal terjadinya erosi di Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, hal ini didapat dari hasil pengamatan guru, kemampuan permulaan sains terutama pada mengenal terjadinya erosi anak kelompok B masih rendah. Oleh karena itu, melalui pemanfaatan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan permulaan sains mengenal terjadinya erosi pada anak kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 10 anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan menggunakan lembar observasi berupa unjuk kerja anak dan lembar observasi guru.Hasil pengamatan dan analisis data serta perbaikan dalam pembelajaran dapat diketahui bahwa kemampuan sains anak meningkat. Hal tersebut dapat diketahui dari jumlah anak yang mencapai kriteria ketuntasan pada siklus I yaitu 30%, siklus II menjadi 60% dan siklus III meningkat menjadi 80%, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran mengenal terjadinya erosi melalui pemanfaatan bahan alam dapat mengembangkan kemampuan permulaan sains anak kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Taktik . Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hasan, Maimunah. 2010. PAUD : Pendidikan Anak Usia Dini. Jokjakarta : DIVA Press.
Suryanto, Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2013. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka