MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KOBELA (KOTAK BELAJAR AJAIB) PADA ANAK KELOMPOK B PAUD SMART KIDS I PLEMAHAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

LINA DWI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0035

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan bahasa dalam membaca permulaan masih rendah. Penggunaan media kobela akan lebih menyenangkan bagi anak dalam membaca permulaan, karena media kobela sangat menarik bagi anak. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: “Apakah dengan menggunakan media kobela (kotak belajar ajaib) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B PAUD SMART KIDS I Plemahan tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel anak didik kelompok B PAUD SMART KIDS I Plemahan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen penilaian berupa lembar unjuk kerja kemampuan membaca permulaan dengan media kobela dan lembar observasi guru. Hasil penelitian ini, yaitu media Kobela terbukti berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B PAUD SMART KIDS I Plemahan. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data penggunaan media kobela pada siklus I mencapai 38,89%, siklus II 66,67% dan siklus III 83,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah Tindakan pembelajaran melalui penggunaan media Kobela (kotak belajar ajaib) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B PAUD SMART KIDS I Plemahan Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Ahmadi dan Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT Rineka.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dhieni, Nurbiana. dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Djahiri, Ahmad Kosasih. 2007. Dasar-dasar Metodologi Pengajaran. Bandung : Lab. PPMP IKIP Bandung.

Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan. Jakarta: Kencana.

Harmanto, 2016. Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, Tesis. Tidak dipublikasikan. Demak.

Masitoh, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga Yati Sumiharti). Jakarta: Erlangga.

Solehuddin. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana

Sutan, Firmanawaty. 2004.  Tiga Langkah Praktis Menjadikan Anak Maniak Membaca, Membesarkan Buah Hati Dengan Buku. Jakarta : Puspa Swara.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI