Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 11-20 Menggunakan Media Permen Pintar Pada Anak Kelompok B RA Perwanida II Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018


Author (Penulis)

ELLA APRILLIA KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0034

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 11-20 pada anak kelompok B RA Perwanida II Jatirejo Nganjuk Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017-2018 belum berkembang dengan baik. hal ini dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan 11-20 belum menggunakan media. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penggunaan media permen pintar dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 11-20 pada anak kelompok B RA Perwanida II Jatirejo Nganjuk tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan empat tahap disetiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Perwanida II Nganjuk yang berjumlah 31 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengguanakn penilaian unjuk kerja, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data pada siklus setelah pengguanaan media permen pintar mengalami peningkatan persentase keruntasan 48,3% pada siklus II meningkat lagi sebesar67,62%, dan siklus III 86,94%. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, tindakan pembelajaran dengan menggunakan media permen pintar dapat dibuktikan kebenarannya mampu mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 11-20 pada anak kelompk RA Perwanida II Jatirejo Kecamatan Nganjuk kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017-2018


Keyword

a

Reference

Chairani, Zahra. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: DeePublish.

Guntur. 2014. Penilaian Berbasis Kinerja. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia,1 (10): 17-21

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Rajawali Pers.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.

Sujiono, N.Y. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : PT Indeks.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. 2016. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta : Pedagogia.

Sriningsih. 2009. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Anak Usia Dini. (Online) tersedia : http://www.paud.diknas.go.id., di unduh 27 November 2017


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI