MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI PERMAINAN PESAWAT ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 NGLEBENG KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NIKEN BEKTI NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0032

Abstract

Hasil pengamatan menunjukkan, bahwa kemampuan berhitung 1-20 pada kelompok B TK Dharma Wanita 1 Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek masih tergolong rendah. Media yang digunakan saat pembelajaran berlangsung masih kurang menarik minat anak dan membuat anak mudah bosan karena hanya menggunakan buku pegangan saja. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah permainan pesawat angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik di TK Dharma Wanita 1 Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dengan jumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 3 siklus, dengan menggunakan instrument RPPM, RPPH. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian anak didik, lembar hasil observasi proses belajar pembelajaran. Hasil ketuntasan belajar anak menunjukan bahwa kemampuan berhitung 1-20 melalui permainan pesawat angka pada anak kelompok B mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar dari pra tindakan sebesar 30% menjadi 45% pada siklus I, pada siklus II meningkat sebesar 65% dan pada siklus III meningkat sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan pesawat angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi,  Suhardjono. 2015, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Depdiknas, 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak- Kanak. Jakarta : Dirjen Pembinaan Taman Kanak- Kanak Dan Sekolah Dasar.

Farihah. Himmatul 2016. Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, Jurusan PG PAUD. Tersedia: ejournal.iaida.ac.id, diunduh 12 April 2018

Mansur, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Montolalu, dkk. 2007. Bermain dan Permainan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nisak, Raisatun. 2011.Seabrek Games Asyik-Edukatif Untuk Mengajar PAUD/TK. Banguntapan Jogjakarta : DIVA Press.

Rahman. Taopik, dkk 2017. Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agopedia. Tersedia: ejournal.upi.edu, diunduh 12 April 2018.

Semiawan, Cony R. 2008. Belajar Dan Pembelajaran Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan; Universitas Terbuka.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Suyadi, M. Pd. I. 2010, Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Wardani, Kuswaya Wihardit. 2007, Peneltian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI