Penelitian ini dilatar belakang anak hasil pengamatan dan pengalaman peneliti tentang masalah yang terjdi di kelas. Pembelajaran yang terjadi dalam kelas kurang meningkatkan kemampuan bahasa dalam pada anak kelompok B SEKOLAH ALAM RAMADHANI. Akibatnya masih banyak anak yang kurang tertarik tertarik kegiatan bercerita. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapakan media wayang karakter dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas subjek penelitian anak kelompok B SEKOLAH ALAM RAMADHANI yang berjumlah 10 anak. Penelitian dilaksanakan dengan model penelitian kemmis & McTaggat dalam tiga siklus, menggunakan perencanaan, pengamatan/observasi, refleksi dan menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, lembar observasi penelitian. Hasil ketuntasan belajar anak didik pra tindaknya yaitu mencapai 20% . Pada siklus I mencapai 50%, masuk dalam katagori kurang meningkat. Pada siklus II mencapai 60%yaitu masuk dalam katagori cukup meningkat. Pada siklus III mencapai 80% yaitu termasuk dalam katagori meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita pada anak kelompok SEKOLAH ALAM RAMADHANI Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui penggunaan media wayang karakter.
Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan pengembangan sumber belajar belajar untuk anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan, dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Fadilliah, M.2014 Implemen Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran . Yogyakarta.Ar-Ruzz
Moeslichatoen (2004) Metode pengajaran ditaman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Rohman Arif. (2009). Memahami pendidikan & ilmu pendidikan. Yogyakarta : laksbang Mediatama
Suryono, Slamet, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publising 2005.
Suryabrata. (2004). Psikolog Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada