Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam menyusun pola masih rendah. Penggunaan media bahan alam akan lebih menyenangkan bagi anak dalam menyusun pola, karena media bahan alam sangat menarik bagi anak. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: “Apakah dengan menggunakan media bahan alam dapat mengembangkan kemampuan menyusun pola pada anak kelompok A RA Al-Muwazanah 2 Pranggang Plosoklaten tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel anak didik kelompok A RA Al-Muwazanah 2 Pranggang Plosoklaten. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen penilaian berupa lembar hasil karya kemampuan menyusun pola dengan media bahan alam dan lembar observasi guru. Hasil penelitian ini, yaitu media bahan alam terbukti berhasil dan mampu mengembangkan kemampuan menyusun pola pada anak kelompok A RA Al-Muwazanah 2 Pranggang Plosoklaten. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data penggunaan media bahan alam pada siklus I mencapai 58,34%, siklus II 70,84% dan siklus III 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tindakan pembelajaran melalui penggunaan media bahan alam dapat mengembangkan kemampuan menyusun pola pada anak Kelompok A RA Al-Muwazanah 2 Pranggang Plosoklaten Tahun Pelajaran 2017/2018
Arikunto,Suharsimi, Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan. Jakarta: Kencana.
Montolalu, B.E.F., dkk. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Yukananda,Ria, Warsiti & Budi,Harun Setyo. 2012. Penggunaan Media Bahan Alam dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul. Jurnal FKIP UNS, 1 (2).
Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
Undang-undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.