Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan observasi di TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Dimana kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola ABCD-ABCD masih belum berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan metode unjuk kerja menggunakan instrumen RPPM, RPPH, lembar penilaian unjuk kerja anak dan observasi guru. Tujuan pembelajaran mengenal pola ABCD-ABCD melalui media Tongkat Asta ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media Tongkat Asta tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari penelitian yang sudah dilakukan di peroleh hasil penelitian bahwa melalui media Tongkat Asta dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak Kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada tindakan siklus 1 ada 50%, tindakan siklus II 66,6 %, dan pada tindakan siklus III 91,6 %. Hasil tindakan setelah siklus III sudah melebihi 75% maka dengan demikian hipotesis tindakan diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui media tongkat asta dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018
Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Rahayu, Setyawati. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd-Abcd Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B Tk Pertiwi 54 Teruman, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Laporan Penelitian. UNY.
Smaldino, Sharon E., dkk. 2011. Instructional Technology And Media For Learning, Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sofiyanti, Firma Nurlita, dkk. 2016. Penggunaan APE Montessori pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. (Online). Tersedia:http://antologi.upi.edu/file/Firna_Narulita.pdf diunduh 10 November 2017.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Zaman, Badru dan Asep Hery Hernawan.2014. Media & Sumber Belajar PAUD. Universitas Terbuka