Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD melalui Media Tongkat Asta Pada Anak Kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

TUTUS MAR'ATUS SHOLIKHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0027

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan observasi di TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Dimana kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola ABCD-ABCD masih belum berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan metode unjuk kerja menggunakan instrumen RPPM, RPPH,  lembar penilaian unjuk kerja anak dan observasi guru. Tujuan pembelajaran mengenal pola ABCD-ABCD melalui media Tongkat Asta ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media Tongkat Asta tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari penelitian yang sudah dilakukan di peroleh hasil penelitian bahwa melalui media Tongkat Asta dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD  pada anak Kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada tindakan siklus 1 ada 50%, tindakan siklus II 66,6 %, dan pada tindakan siklus III 91,6 %. Hasil tindakan setelah siklus III sudah melebihi 75% maka dengan demikian hipotesis tindakan diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah  melalui media tongkat asta dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B TK Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD

Rahayu, Setyawati. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola Abcd-Abcd Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B Tk Pertiwi 54 Teruman, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Laporan Penelitian. UNY.

Smaldino, Sharon E., dkk. 2011. Instructional Technology And Media For Learning, Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofiyanti, Firma Nurlita, dkk. 2016. Penggunaan APE Montessori pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. (Online). Tersedia:http://antologi.upi.edu/file/Firna_Narulita.pdf diunduh 10 November 2017.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Zaman, Badru dan Asep Hery Hernawan.2014. Media & Sumber Belajar PAUD. Universitas Terbuka


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI