Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan pengamatan di TK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018 khususnya pada kelompok A. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan metode unjuk kerja menggunakan instrumen RPPM, RPPH, lembar penilaian unjuk kerja anak dan observasi guru. Tujuan pokok pembelajaran berhitung menggunakan media kalender angka adalah untuk untuk mengetahui melalui media kalender angkadapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018.. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan Media Kalender Angka dapat dibuktikan keefektifannya untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui kegiatan berhitung 1-10 menggunakan Media Kalender Angka pada anak kelompok A TK IT Al-Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada tindakan siklus 1 ada 28,5%, tindakan siklus II 57 %, dan pada tindakan siklus III 86 %.Hasil tindakan setelah siklus III melebihi 75% maka hipotesis tindakan diterima.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah berhitung menggunakan media kalender angka mempunyai pengaruh positif yaitu dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sujiono, Yuliani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas terbuka.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Zaman, Badru., dkk. 2008. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.