Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Media Ponari (Pohon Warna - Warni) Pada Anak Kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

GATI ANGGRAINI KASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0025

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti tentang masalah yang terjadi di kelas. Bahwa kemampuan mengenal warna anak kelompok B Sekolah Alam Ramadhani masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya kreativitas dari pendidik saat pembelajaran berlangsung. Sehingga anak kurang tertarik terhadap kegiatan mengenal warna. Permasalahan penelitian ini adalah apakah media PONARI (Pohon Warna – warni) dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 10 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus dengan prosedur umum yang meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi dan menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi pendidik. Analisis data memperoleh hasil pada setiap siklus menunjukkan tingkat keberhasilan anak sewaktu proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan pra tindakan memiliki persentase ketuntasan 20% kemudian pada siklus I memiliki persentase ketuntasan mencapai 30% dilanjutkan pada siklus II terbukti bahwa penggunaan media ponari dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak, dibuktikan dengan persentase ketuntasan mencapai 60% dan dilanjutkan pada siklus terakhir yaitu siklus III yang mana persentase ketuntasan anak mencapai 80%. Kesimpulan penelitian ini bahwa tindakan pembelajaran menggunakan media ponari dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.  Jakarta : Rineka Cipta.

Marlianti, Neti. (2012). Penggunaan Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak TK. Diakses dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_paud_1007642_chapter1.pdf. pada tanggal 9 Mei 2018.

Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Suryadi.  2015. Teori  Pembelajaran  Anak Usia Dini : Dalam Kajian Neurosains. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fadillah, M. (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. PT : Fajar Interpratama Mandiri.

UtamaBudiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Sukinten. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Bermain Edukatif Balok Warna pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Tunas Bangsa. Jurnal PAUD. Universitas Yogyakarta.

Sujiono, Yuiani Nurani, dkk. (2011). Metode Pengembangan Konitif. Jakarta. Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI