Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru tentang masalah yang terjadi dikelas.Pembelajaran yang terjadi dalam kelas belum meningkat secara optimal khususnya dalam kemampuan membaca anak pada kelompok B Paud Al Ikhlash Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Akibatnya masih banyak anak yang kurang mampu membaca dikarenakan kurang ketertarikan anak dalam proses pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah melalui permainan bokat ini dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B Paud Al Ikhlash Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? “Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B Paud Al Ikhlash Ngadiluwih Kabupaten Kediri, yang berjumlah 15 anak.Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, dan lembar observasi penelitian.Hasil ketuntasan belajar anak didik pada siklus I mencapai 33%, yaitu masuk dalam kategori belum meningkat.Pada siklus II hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 67%, yaitu masuk dalam kategori cukup meningkat.Pada siklus III hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 93%, yaitu masuk dalam kategori meningkat.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah permainan bokat pada anak kelompok B Paud Al Ikhlash Ngadiluwih Tahun Pelajaran 2017/2018 Kabupaten Kediri dapat meningkat.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Dhieni, Nurbiana Dkk. 2014.Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka
Musfiroh, Tadkiroatum. 2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka 2015